USAHA
KECIL SOTO LAMONGAN WILAYAH BEKASI
Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dan memenuhi kreteria
kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan serta kepemilikan sebagaimana
diatur dalam UU.NO 9 Tahun 1995. Usaha kecil merupakan kegiatan usaha yang
mampu memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi yang luas pada
masyarakat. Tujuan perusahaan besar untuk memperoleh laba dan menjaga
kelangsungan pertumbuhan usaha dalam jangka waktu yang tidak terbatas.
Kabupaten Lamongan, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Lamongan. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten
Gresik di timur, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang di selatan, serta Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten
Tuban di barat.
Usaha ini di dominasi oleh
pekerja kantor pos, tempatnya yang bersebelahan dengan sebuah instansi
pemerintah ini mengakibatkan keuntungan yang cukup signifikan. Belum lagi saat
waktu istirahat jam kantor, pegawai instansi pemerintah (kantor pos) lebih
sering memesan makanan melalui bilik bambu yang terdapat di samping tempat
makan kami (pengusaha tersebut). Jasa order kami pun tidak Cuma di saat para
pembeli datang ke warung kami, tetapi jasa kami terpakai untuk memberikan
pelayanan yang memuaskan bagi para pembeli makanan atau usaha kami.
Analisis lingkungan dalam
pasar, ada beberapa komponen yang harus dicermati, di antaranya :
- Kebutuhan dan keinginan konsumen.
- Segmentasi pasar
- Target pasar yang akan di raih
- Nilai tambah produk dan jasa.
- Masa hidup produk tahan lama atau tidak
- Sturuktur pasar
- Persaingan dan strategi pesaing
Faktor-faktor yang
mempengaruhi antara lain :
- Kebutuhan masyarakat
- Pengguna pasar yang di tuju
- Kapasitas produk
- Daya beli masyarakat
- Lokasi
- Suasana atau konsep
- Persaingan dengan usaha yang sejenis
- Promosi
Kekuatan usaha tersebut,
antara lain :
v * Harganya yang terjangkau
v * Tempat yang strategis
v * Pelayanan jasa yang
efisien
v * Bahan baku mudah di
dapatkan
v * Mempertahankan usaha
makanan khas daerah
v * Usaha yang menjamin
Kelemahan usaha tersebut,
antara lain :
v - Tempatnya yang panas
v - Ukuran tempat yang sempit
(kurang luas)
v - Tidak adanya tempat
pencucian piring
v - Adanya pesaing dalam usaha
yang sama
Peluang yang di dapatkan
dari usaha tersebut, antara lain :
Soto merupakan makanan yang sudah sangat dikenal oleh
masyarakat. Bahkan di setiap daerah memiliki soto khasnya masing-masing seperti
Soto Kudus, Soto Sokaraja, Soto Lamongan, Soto Betawi dan masih banyak lagi
jenis soto yang mencirikhaskan masing-masing kota.
Walaupun sudah banyak jenis soto yang tersedia, namun
membuka usaha makanan soto masih tetap menjadi pilihan
untuk di jalankan sebagai usaha yang potensial mendatangkan keuntungan. Selain
itu, soto juga merupakan makanan yang cukup cepat dan praktis dalam
penyajiannya, jadi tidak membuat pengunjung lama menunggu. Inilah yang membuat peluang usaha soto.
Target
Konsumen.
Semua usia dan kalangan bisa menjadi target pasar bagi
usaha soto ini. Info Bisnis
Jika Anda sudah yakin untuk menjalankan usaha Soto ini, langkah berikutnya
yaitu merinci modal dengan akurat, karena ini merupakan salah satu syarat untuk
mendapatkan keuntungan secara tepat.
Ancaman yang terjadi,
antara lain :
* bahan baku masih tergantung produsen
* bahan makanan mudah rusak (sayur layu dan daging bau/busuk)
* adanya persaingan lain
* sewaktu -waktu konsumen/pelanggan dapat beralih ke makanan lain
* kurangnya minat konsumen pada makanan soto
* bahan makanan mudah rusak (sayur layu dan daging bau/busuk)
* adanya persaingan lain
* sewaktu -waktu konsumen/pelanggan dapat beralih ke makanan lain
* kurangnya minat konsumen pada makanan soto
Kesimpulan :
Kekurangan makanan Soto merupakan salah satu
makanan yang cenderung tidak tahan lama. Selain itu, persaingan menjalankan
bisnis ini sudah banyak dengan ciri khas yang berbeda-beda.
Pemasaran yang di gunakan sanggat mudah, dari
mulut ke mulut merupakan cara paling efektif, untuk itu manfaatkan jaringan
teman-teman terdekat sebagai sarana untuk mempromosikan usaha Anda. Dengan
begitu Anda tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk menyebarkan informasi
kepada orang lain.
Kunci Sukses
Buatlah
Soto yang memiliki ciri khas dan berbeda dengan produk lain. Jika usaha Anda
sudah semakin laris usahakan untuk terus mempertahankan kualitas rasa dengan
begitu pengunjung akan setia kembali ke tempat Anda. Semoga peluang
usaha soto ini dapat menginspirasi Anda untuk memulai
menjalankan bisnis.
Selamat berkarya.
Semoga
bermanfaat
Disusun
oleh :
Nur
Amaliya Hasanah
Yuni
Noviantisari
Ruth
Tiffany
1EB17
1EB17
Sumber
:
Buku
KEWIRAUSAHAAN, SMK XII
nIVJ1DU/TSHJ3EIOGEI/AAAAAAAAAAM/MWVpx5RpI48/s1600/soto-serang.jpg
&
http://gastronomyaficionado.files.wordpress.com/2010/11/soto-kudus-campur.jpg
Tidak ada komentar:
Posting Komentar