Minggu, 25 Maret 2012

Dasar Pemasaran

USAHA KECIL SOTO LAMONGAN WILAYAH BEKASI

Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dan memenuhi kreteria kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan serta kepemilikan sebagaimana diatur dalam UU.NO 9 Tahun 1995. Usaha kecil merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi yang luas pada masyarakat. Tujuan perusahaan besar untuk memperoleh laba dan menjaga kelangsungan pertumbuhan usaha dalam jangka waktu yang tidak terbatas.
Kabupaten Lamongan, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Lamongan. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Gresik di timur, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang di selatan, serta Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban di barat.

Usaha ini di dominasi oleh pekerja kantor pos, tempatnya yang bersebelahan dengan sebuah instansi pemerintah ini mengakibatkan keuntungan yang cukup signifikan. Belum lagi saat waktu istirahat jam kantor, pegawai instansi pemerintah (kantor pos) lebih sering memesan makanan melalui bilik bambu yang terdapat di samping tempat makan kami (pengusaha tersebut). Jasa order kami pun tidak Cuma di saat para pembeli datang ke warung kami, tetapi jasa kami terpakai untuk memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para pembeli makanan atau usaha kami.

Analisis lingkungan dalam pasar, ada beberapa komponen yang harus dicermati, di antaranya :
  1.            Kebutuhan dan keinginan konsumen. 
  2.            Segmentasi pasar 
  3.            Target pasar yang akan di raih 
  4.            Nilai tambah produk dan jasa. 
  5.                      Masa hidup produk tahan lama atau tidak 
  6.            Sturuktur pasar 
  7.                       Persaingan dan strategi pesaing

Faktor-faktor yang mempengaruhi antara lain :
  •   Kebutuhan masyarakat 
  •         Pengguna pasar yang di tuju 
  •         Kapasitas produk 
  •         Daya beli masyarakat 
  •         Lokasi 
  •         Suasana atau konsep 
  •         Persaingan dengan usaha yang sejenis 
  •         Promosi
Kekuatan usaha tersebut, antara lain :
v        *  Harganya yang terjangkau
v        *  Tempat yang strategis
v        *   Pelayanan jasa yang efisien
v        *  Bahan baku mudah di dapatkan
v        *   Mempertahankan usaha makanan khas daerah
v        *   Usaha yang menjamin
Kelemahan usaha tersebut, antara lain :
v      -  Tempatnya yang panas
v      -  Ukuran tempat yang sempit (kurang luas)
v      -  Tidak adanya tempat pencucian piring
v      -  Adanya pesaing dalam usaha yang sama
Peluang yang di dapatkan dari usaha tersebut, antara lain :
Soto merupakan makanan yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Bahkan di setiap daerah memiliki soto khasnya masing-masing seperti Soto Kudus, Soto Sokaraja, Soto Lamongan, Soto Betawi dan masih banyak lagi jenis soto yang mencirikhaskan masing-masing kota.
Walaupun sudah banyak jenis soto yang tersedia, namun membuka usaha makanan soto masih tetap menjadi pilihan untuk di jalankan sebagai usaha yang potensial mendatangkan keuntungan. Selain itu, soto juga merupakan makanan yang cukup cepat dan praktis dalam penyajiannya, jadi tidak membuat pengunjung lama menunggu. Inilah yang membuat peluang usaha soto.


Target Konsumen.                                                   
Semua usia dan kalangan bisa menjadi target pasar bagi usaha soto ini. Info Bisnis Jika Anda sudah yakin untuk menjalankan usaha Soto ini, langkah berikutnya yaitu merinci modal dengan akurat, karena ini merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan keuntungan secara tepat.
               
Ancaman yang terjadi, antara lain :
* bahan baku masih tergantung produsen

* bahan makanan mudah rusak (sayur layu dan daging bau/busuk)

* adanya persaingan lain

* sewaktu -waktu konsumen/pelanggan dapat beralih ke makanan lain

* kurangnya minat konsumen pada makanan soto

Kesimpulan :
Kekurangan makanan Soto merupakan salah satu makanan yang cenderung tidak tahan lama. Selain itu, persaingan menjalankan bisnis ini sudah banyak dengan ciri khas yang berbeda-beda.
Pemasaran yang di gunakan sanggat mudah, dari mulut ke mulut merupakan cara paling efektif, untuk itu manfaatkan jaringan teman-teman terdekat sebagai sarana untuk mempromosikan usaha Anda. Dengan begitu Anda tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk menyebarkan informasi kepada orang lain.
Kunci Sukses
Buatlah Soto yang memiliki ciri khas dan berbeda dengan produk lain. Jika usaha Anda sudah semakin laris usahakan untuk terus mempertahankan kualitas rasa dengan begitu pengunjung akan setia kembali ke tempat Anda. Semoga peluang usaha soto ini dapat menginspirasi Anda untuk memulai menjalankan bisnis.



Selamat berkarya.
Semoga bermanfaat

Disusun oleh :
  Nur Amaliya Hasanah
  Yuni Noviantisari
  Ruth Tiffany
1EB17
 
Sumber : 
Buku KEWIRAUSAHAAN, SMK XII
nIVJ1DU/TSHJ3EIOGEI/AAAAAAAAAAM/MWVpx5RpI48/s1600/soto-serang.jpg & http://gastronomyaficionado.files.wordpress.com/2010/11/soto-kudus-campur.jpg
                                                         
                                                                                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar