Minggu, 27 Oktober 2013

TUGAS 1-Bahasa Indonesia 1


1.      Bahasa Yang Baik
            Merupakan Penggunaan bahasa sesuai dengan situasi dan kondisi pembicaraan atau sesuai dengan sasaran kepada siapa bahasa tersebut di sampaikan. Hal ini harus disesuaikan dengan unsur umur, agama, status sosial, lingkungan sosial, dan sudut pandang khalayak sasaran kita.
Contoh            :
Pada saat kita sedang berbicara dengan yang lebih tua pasti menggunakan kata yang lebih sopan dibandingkan berbicara dengan teman sebaya. Begitu juga dalam situasi tempat yang sedang kita hadapin, seperti pada saat dikantor atau bertemu dengan orang-orang besar (direktur, manager, rektor, dosen, dsb) kita harus menggunakan kata baku dalam pembicaraan nya. Dalam berpidato pun sebaik mungkin kita menggunakan kata-kata yang sopan.
Bahasa yang Benar
            Bahasa yang benar berkaitan dengan aspek kaidah-kaidah ketatabahasaan yang berlaku, yaitu peraturan bahasa (tata bahasa, pilihan kata, tanda baca, dan ejaan) atau EYD.
Contoh                        :
Pada saat penulisan nama orang atau nama gelar seseorang harus tepat dan benar. Seperti :
v  Anton supriyadi  :  Anton Supriyadi  (untuk awal huruf  harus kapital).
v  Bento binti Suratman :  Bento Bin Suratman (kalau cowo penulisan nya Bin bukan Binti, karena kalau Binti untuk wali perempuan). 
v  RENNY, DR. SE., MM (penggunaan nama gelar, titik, dan koma harus benar).

2.      Contoh fungsi bahasa sebagai alat komunikasi
Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berinteraksi dengan komunikasi untuk menyampaikan apa yang kita rasakan atau yang ingin kita sampaikan kepada lawan bicara.
Contoh            :
Ø  Dalam melakukan transaksi jual beli barang/jasa, kita memerlukan komunikasi yang baik agar terjadi kesepakatan harga oleh kedua belah pihak.
Ø  Dalam pergaulan kita juga dapat berkomunikasi dengan khalayak orang. Baik  teman sebaya atau orang yang lebih tua untuk memperoleh informasi yang kita tidak pernah tahu sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar